Rabu, 24 Juni 2009

Kembangkan Pariwisata Indonesia

Pariwisata berasal dari kata sangsekerta yang berarti Pari yaitu lengkap, banyak dan berputar-putar. Sedangkan Wisata ialah perjalanan atau berpergian. Sebelumnya kita mengenal kata picnic, bertamasya, melancong, pesiar dan berjalan-jalan. Pariwisata dan kegiatan pariwisata dapat diartikan sebagai suatu kegiatan perjalanan ke suatu tempat untuk bersenang-senang sambil menikmati keindahan alam dan melihat-lihat keanekaragaman budaya dan seni, baik secara rombongan ataupun sendiri-sendiri. Dengan tujuan bersenag-senag.
Saya dan begitu banyak pencinta pariwisata yang ada di Indonesia. Begitu banyak anugrah Tuhan yang begitu indahnya tidak dijaga kelestariannya sungguh ironis tapi hanya sebagian yang berhasil menjaga kelestarian lingkungan pariwisata. Sadar wisata sangat diperlukan bagi kita semua untuk tidak merusak objek wisata yang ada dan mengembangkan objek wisata yang belum ada. Yang paling mengecewakan adalah tragedi bom bali.

Ingat pada waktu terjadinya bom bali yang membumihanguskan bali. Tentu saja tragedi ini sangat memukul bangsa ini, terutama bagi dunia pariwisata kita karena peristiwa itu mengakibatjan terjadinya kelesuan dunia pariwisata di tanah air. Di luar bali mungkin yang terjadi bukan hanya peristiwa itu. Bahkan banyak perlakuan dan sikap masyarakat maupun pemerintah yang kurang berkesan bagi wisatawan yang datang. Padahal yang meraka butuhkan dari masyarakat dan pemerintah setempat itu lebih dari sekedar sikap yang berkeasn baik, akan tetapi terlebih pada terciptanya rasa aman dan damai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar